Rabu, 20 April 2011

Meriahkan HUT Puputan Klungkung, Kota Semarapura dan Otda KPU Kabupaten Klungkung Ikuti Lomba Medagongan


Semarapura, Peringatan hari bersejarah merupakan momen kita sebagai penerus perjuangan untuk berbuat mengisi kemerdekaan walaupun dengan hal sekecil apapun. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam memperingati Hari Puputan Klungkung ke-103, Hari Ulang Tahun Kota Semarapura ke-19 dan Hari Otonomi Daerah ke-15 (28 April 2011) mengelar beberapa perlombaan diantaranya dengan permainan yang merakyat seperti : Menjungjung (nyuwun) Sokasi, Megala - galaan dan Medagongan. Tidak ketinggalan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klungkung ikut juga berpartisipasi di dalamnya. Tim kecilpun dibentuk dengan 6 personil yaitu 3 personil inti dan 3 personil cadangan dengan mengikuti Lomba Medagongan (lomba dorong - dorongan dengan bambu sebagai sarana).

Lomba yang dilakukan di Lapangan Puputan Klungkung  pada hari Rabu, 20 April 2011, digelar mulai Pukul 07.00 Wita ini diikuti Staf Sekretariat KPU Klungkung putra dengan membatasi berat peserta maksimal 75 kilo gram untuk menghindari ketidak seimbangan tenaga. Tim inti terdiri dari Gde Rudy Tanaya (Kapten), Kadek Kariada dan Wayan Darmawan, sedangkan di cadangan Kardono, I Nyoman Budiastika dan I Gusti Anom Danuwarsa. Sekretaris KPU  Kabupaten Klungkung, Drs. I Dewa Ketut Sueta Negara, didampingi Kepala Sub Bagian Umum yang baru dilantik, Ida Bagus Made Weda, menyatakan "Keikutsertaan KPU Kabupaten Klungkung dalam lomba ini merupakan wujud partisipasi aktif dalam peringatan hari-hari bersejarah. Juara tidak menjadi hal yang paling utama namun keseriusan dalam mengikuti lomba perlu dan jika sampai juara itu merupakan efek positif, kalah menang tidak jadi masalah yang penting partisipasinya", jelasnya saat menjelang lomba. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klungkung mengawali lomba dengan menang WO karena sampai acara dimulai lawan dari Kantor Ketahanan Pangan tidak hadir di lapangan, di pertandingan kedua melawan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Klungkung dan menang sehingga maju ke babak berikutnya. Namun setelah bertanding dengan Kantor Kesatuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) perlawanan sangat sengit sehingga skor sempat 1 -1, namun karena faktor kelelahan dan tempat yang merugikan disebabkan licinnya rumput tempat berpijak sehingga membuat Tim Medagongan KPU Kabupaten Klungkung harus mengakui kekuatan dari kantor yang terkenal stafnya kebanyakan berbadan kekar (Satpol PP). Kegiatan medagongan diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba diantaranya Juara I : Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, II : Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Pemberdayaan Masyarakat, Juara III : Kantor Kesatuan Polisi Pamong Praja dan Juara Harapan I : Kecamatan Klungkung.
              
Selain lomba, KPU Kabupaten Klungkung juga dijadualkan berpartisipasi dengan mengikuti jalan santai, pemasangan hiasan kering dikantor (Kamis, 21/4/2011), Pemasangan hiasan basah (Minggu, 24/4/2011), Gladi Upacara Bendera (Rabu, 26/4/2011), Pemasangan Penjor Hias di Lapangan Puputan Klungkung (Kamis, 27/4/2011) dan Apel Upacara Bendera di Lapangan Puputan Klungkung (Kamis, 28/4/2011) sesuai dengan imbauan Panitia Tetap Peringatan Hari Puputan Klungkung dan Pemerintah Daerah. KPU Kabupaten Klungkung sebelumnya juga telah menyiapkan spanduk dengan tema "Dirgahayu Puputan Klungkung, Dengan Semangat Puputan Klungkung 'Ngulati Jagat Kerti'".
(MD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar