Rabu, 29 Februari 2012

Konflik Pilkada, Polri Minta Tanggung Jawab Moral Para Calon Pemimpin Daerah

Jakarta, news.detik.com - Mabes Polri menyayangkan maraknya terjadi konflik setiap kali pilkada digelar. Seharusnya pemicu konflik itu dapat diselesaikan dengan baik.

Menyikapi hal itu, Mabes Polri mengimbau setiap daerah untuk membentuk forum komunikasi. Hal itu untuk menghindari terjadinya konflik hingga bentrok antarkelompok massa pendukung calon pemimpin daerah.

"Setiap daerah diharapkan ada forum komunikasi, bilamana ada hal yang dianggap masalah bisa dibicarakan dalam forum itu, jangan sampai ada bentrokan massa," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution, di kantornya Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (16/02/2012).

Dijelaskan Saud, pihak kepolisian belum sampai pada meminta pertanggungjawaban para calon terkait bentrok antarpendukungnya. Sebab, dalam perkara pidana, pertanggungjawaban itu diminta secara pribadi. Namun, polisi tidak menutup kemungkinan untuk menindak para calon sekiranya terbukti terlibat.

"Kalau memang peserta pilkada ini keterkaitan, tentu saja (diminta pertanggungjawabannya). Kalau tidak ada, ya tidak bisa," ungkap Saud.

Oleh karena itu, ditegaskan Saud, melalui forum komunikasi itulah para calon pemimpin daerah berperan dalam menghindari bentrok antarpendukung. Bila memang ada masalah diharapkan hal itu bisa diselesaikan dengan baik dan bijaksana.

"Makanya melalui forum komunikasi itu, masing-masing peserta pilkada ini bisa bertanggung jawab secara moral terhadap perilaku massanya dalam rangka penertiban pilkada ini," tandas Saud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar