Jumat, 11 Februari 2011

MEGIBUNG SARANA PENINGKATAN RASA NYAME BRAYA DAN KEKELUARGAAN

Terlihat keakraban antar jajaran KPU Klk
Gelgel, Megibung merupakan sebuah kegiatan adat Bali yang sudah ada sejak dahulu dan merupakan kegiatan dalam melekatkan rasa kekeluargaan dan menyama braye sesuai konsep asah  asih asuh selunglung sebayantaka dan pade gelahang. Megibung merupakan tradisi santap bersama yang masih dipelihara dan dilestarikan dibeberapa daerah untuk mejaga rasa persaudaraan tanpa mengenal perbedaan klan, ekonomi maupun perbedaan sosial. Berangkat dari hal tersebut Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klungkung adakan acara Megibung (santap bersama) yang mengambil tempat di sekitar Gelanggang Olah Raga Lapangan Sueca Pura Gelgel, Jumat, 11 Pebruari 2011. Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua KPU Klungkung Anak Agung Gde Parwatha dan salah satu anggota Dewa Gde Oka Subawa serta seluruh jajaran Sekretariat ini dengan menghidangkan menu tradisional khas Bali yaitu Lawar, Komoh dan Jukut Ares.
                Semua yang hadir pada kesempatan itu sangat antusias menikmati hidangan yang disiapkan dengan duduk bersila rapi tanpa alas apapun, satu tumpeng/ tandingan dibagi empat personil, suasana keceriaan, kekeluargaan dan keakraban muncul menyeruak dintara wajah – wajah yang sumringah dengan senyum riang. Momen ini diambil merupakan  rasa syukur  akan sebuah konsep leluhur kita yang masih dilestarikan sampai sekarang dan dianggap mampu untuk menghilangkan rasa penat dalam menghadapi kesibukan pekerjaan dikantor.
Saling cokot mewarnai megibung
               Angin yang sejuk karena tempat yang dipilih dalam melakukan kegiatan ini dekat dengan sawah membawa suasana semakin terurai dalam kebersamaan atau saling asah, asih, asuh salulung sebayantaka apalagi dibarengi dengan srusup dalam meminum komoh dan ares dan cokotan nasi beserta lawar dalam satu tempat. Keinginan untuk menempatkan diri merasa paling diatas, paling mampu dan paling yang lainnya hilang dengan berbaur bersama tanpa memikirkan bersama siapa kita bersantap. Megibung ini diakhiri dengan bercengkrama bersama sambil meminum kopi yang disajikan dikantin Pak Bol panggilan akrab yang ditunjuk untuk menyiapkan sajian nikmat semua santapan khas Bali ini. Semoga dengan Megibung bisa memupuk kebersamaan dan kekeluargaan bagi jajaran Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klungkung serta menjadi tonggak kedepan jika ada kesempatan untuk mengulang kembali. (WP/ Media Center KPU Klungkung).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar