Jumat, 21 Oktober 2011

CAMPLUNG HIJAUKAN PANTAI (NYEGARA GUNUNG) GOA LAWAH


Tanam camplung didampingi staf Desa
Dawan, Program sosial Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klungkung, dengan menanam pohon (vegetasi) pantai, Jumat, 21 Oktober 2011 menyasar Pantai yang terkenal oleh umat Hindu sebagai tempat untuk upacara agama yaitu Nyegara Gunung setelah mengadakan Ngaben/Pelebon atau Karya di suatu pura. Tempat tersebut dikenal dengan sebutan Pantai Goa Lawah, karena ditimur pantai dimaksud terdapat Pura Sad Kahyangan dengan ciri khas Goa yang didiami oleh ratusan Kelelawar (lawah-bali). Maka dari itu sangat tepat jika KPU Kabupaten Klungkung memilih pantai tersebut untuk dijadikan sasaran vegetasi pantai yang bertujuan jika tanaman camplung bisa tumbuh dan mencegah abrasi oleh air laut yang kian naik karena iklim dan mencairnya es dikutub.
            Penanaman pohon Camplung yang cocok dengan iklim dan kontur tanah pantai ini dihadiri oleh Ketua KPU Klungkung Anak Agung Gde Parwatha, Sekretaris I Dewa Ketut Sueta Negara, Staf Desa Pesinggahan serta Staf Sekretariat. Denga pemandangan yang hijau nantinya diharapkan pantai ini tidak saja menjadi tempat upacara namun bisa sebagai destinasi pariwisata selain berkunjung k Pura Goa Lawah namun singgah untuk sekedar dudukduduk atau menikamati angina pantai. Stategisnya Pura dan Pantai ini terlihat karena jalur penghubung satu - satunya  jalan dari Denpasar menuju objek wisata Candi Dasa.
cangkul - cangkul yg dalam menanam camplung

Maka dari itu kita sebagai masyarakat harus sedikit peduli untuk menjaga lingkungan sekitar guna menumbuh kembangkan penghijauan mendukung Bali Hijau dalam pengembangan wisata alam. Kepedulian ini juga harus dilakukan oleh seluruh masayarakat tidak hanya pada penanaman pohon saja namun juga pada kebersihan, karena pantai yang sering diapakai untuk upacara kadang banyak sampah yang berserakan. Kepedulian ini bisa dilakukan dengan kegiatan bersih – bersih sampah bersama setelah melakukan upacara, ini bertujuan untuk mengurangi sampah yang berserakan. Selain itu akan membuat nyaman dan asri lingkungan saat kita bersembahyang. Selain itu kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan harus selalu dijaga, karena tanpa kesdaran dari diri sendiri susah untuk bisa lingkungan sekitar bebas dari sampah.
Penghijauan pantai Goa Lawah merupakan awal yang patut didukung guna menumbuhkan sebuah cinta akan lingkungan, walapun sekecil apapun jika kita bisa berbuat untuk alam, maka suatu saat alam akan menyelematkan kita dari bencana. Satu pohon akan memberi nafat puluhan manusia, maka dari itu rasa terimakasih kita terhadap mereka bisa diwujudkan dengan menanam lebih banyak pohon, memelihara serta menjaga lingkungan sekitar dari kerusakan dan sampah. Tanamlah Pohon minimal sepuluh batang di Rumah, dua puluh batang disekitar lingkungan maka niscaya Bumi ini akan selamat dari kerusakan lapisan Ozon dan menyelamatkan kehidupan dimasa depan. (wpmediacenterkpuklk).

1 komentar:

  1. tingkatkan peduli lingkungan ..
    bravo kpu klungkung .. tp qo sepi pengunjung nie ...???????????

    BalasHapus