Senin, 03 Oktober 2011

KPU KLUNGKUNG DATANGI SMA WISATA DHARMA LEMBONGAN

Lembongan, Untuk memantapkan sosialisasi tentang hakekat dan pentingnya Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klungkung mendatangi salah satu Sekolah menengah Atas yang berada di Kepulauan. Sekolah tersebut berada di Pulau Nusa Lembongan Kecamatan Nusa Penida tepatnya di perbatasan antara Lembongan – Ceningan. Sosialisasi yang diadakan Senin, 3 Oktober 2011 ini diisi oleh Anggota KPU I Made Kariada, SE didampingi Made Sri Utami memberikan pengetahuan tentang pelaksanaan Pemilu kedepan. Kariada menjelaskan bahwa pemimpin dan lembaga tinggi negara keanggotaanya diisi melalui proses demokrasi lima tahunan seperti Pemilihan Umum. Dari Pusat lembaga tersebut yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwailan Daerah (DPD), Presiden dan Wakil Presiden. Untuk daerah seperti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Propinsi maupun Kabupaten/Kota termasuk Gubernu, Bupati dan Walikota. Maka dari itu dengan lembaga – lembaga ini yang akan menahkodai negara dan daerah dalam melaksanakan pemerintahan selama lima tahun. Maka dari itu memilih orang yang tepat sangatperlu dipikirkan secara matang dan proses Pemiliha Umum harus berjalan sesuai dengan aturan, agar menghasilan pemimpin yang tepat dan cerdas serta peduli akan nasib rakyatnya.
            Siswa SMA saat ini penting tahu dan paham agar nantinya menjadi pemilih yang cerdas untuk menyalurkan aspirasi tanpa dipengaruhi oleh politk uang atau janji.  Siswa SMA saat ini harus relajar dengan rajin tempuh ilmu setinggi tingginya agar nati bisa jadi calon pemimpin yang handal karena syarat formal sampai saat ini harus lulus minimal Sekolah Menengah Atas. Selain lembaga yang dijelaskan tadi lembaga – lembaga lain yang begitu penting dalam berkehidupan bernegara di Indonesia dipilih oleh lembaga hasil Pemilu yaitu lembaga Yudikatif, Konstitutif dan lembaga hukum lanilla. Mejadi Pemilih yang cerdas sangat penting guna memilih pemimpin yang cerdas pula tegas Kariada melanjutkan penjelasaanya.


Ditahun 2013 nanti Kabupaten Klungkung akan menyongsong dua Pemilihan Umum yaitu Pemilu Kepala Daerah Propinsi (gubernur) dan Pemilu Kepala Daerah Kabupaten (Bupati) maka dari itu mulai saat ini KPU Klungkung berusaha untuk memberikan pengertian dan penyadaran Sejas dini kepada masyarakat guna meningkatkan partisipasi aktif dan juga mengurangi yang sering disebut Golput. Dipilihnya Sekolah Menengah Atas untuk menjadi sasaran karena  sebagai kaum intelektual muda setelah mendapat penjelasan sekarang tidak mentok namun   diharapkan bisa ditularkan kepada masyarakat sekitar minimal kepada keluarga.

Sosialisasi sangat diterima dengan antusias oleh seluruh jajaran SMA Pariwisata Wisata Dharma Lembongan ini terbukti siswa sangat serius mengikuti penjelasan dan KPU Kabupaten Klungkung dengan sesekali tersenyum mendengar selingan lelucon dari narasumber dan juga sambutan baik dan dukungan dari pihak Guru dengan fasilitas yang diberikan. Dapat disampaikan Lembongan yang merupakan tempat SMA Pariwisata Dharma Wisata ini dapat ditempuh dengan jalar laut dari Sanur, Denpasar. Lembongan merupakan salah satu desa yang keberdaanya di Kepulauan Nusa Penida dan merupakan pulau terpisah. Di Pulau Nusa Lembongan terdiri dari dua desa yaitu Desa Lembongan dan Jungut Batu. Daerah ini merupakan destinasi Pariwisata yang terkenal di manca negara yang akomodasinya lengkap dengan penginapan berupa villa dan juga wisata laut, serta transportasi yang terjangkau. Keunikan pulau ini sangat dikagumi dengan alam darat, tebing dan laut yang sangat menawan maka dari itu sangat tepat jika untuk dipilih sebagai persinggahan atau berlibur. Juga sangat tepat jika Pemilu dadaerah ini berjalan dengan lancar, aman guna contoh akan situasi saat Pemilu di Bali, untuk itu KPU memberikan sosialisasi yang cukup intens kepada masyarakatnya. (wpmediacenterkpuklk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar