Kamis, 06 Oktober 2011

KPU KLUNGKUNG CERAHKAN SMK N 1 NUSA PENIDA TENTANG PENTINGNYA PEMILU



Nusa Penida, Unsur – unsur yang harus dipenuhi untuk menjadi sebuah Negara seperti harus adanya Wilayah, Pemerintahan, Rakyat, Pengakuan dari Negara lain. Dari unsur tersebut diatas Pemerintah adalah salah satunya, itu berarti untuk membentuk pemerintahan harus adanya lembaga – lembaga Negara. Indonesia saat ini terdiri dari beberapa lembaga Negara seperti, Eksekutif terdiri dari Presiden, Gubernur dan Bupati (Pemerintah), Legislatif yaitu : DPR, DPD, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/Kota, Yudikatif seperti lembaga hukum, lembaga konstitusi seperti KPK, lembaga keuangan  seperti BPK, BPKP da lembaga lain.
                        Dari lembaga tersebut merupakan anggotanya dipilih oleh rakyat dengan Pemilihan Umum dan lembaga lain merupakan bentukan dari lembaga yang dipilih oleh rakyat tersebut. Adapun lembaga dimaksud Dewan Perwakiln Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi/Kabupaten/Kota, Presiden dan Wakil Presiden, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati. Pilihan Rakyat ini dilakukan dengan demokratisasi yang umumnya disebut Pemilihan Umum.  Pemilihan Umum merupakan hajatan lima tahunan sesuai dengan tingkatanya.  Maka dari itu Pemilihan Umum atau menjadi sangat penting bagi bangsa dan Negara yang berdaulat. Dengan pentingnya Pemilu maka partisipasi masyarakat sangat diharapkan. Masyarakat pemilih untuk aktif mencari informasi dan menggunakan haknya dan memilih calon – calon pemimpin yang akan membawa nasib kita lima tahun kedepan. Salah pilih berarti nasib kita gadaikan kepada mereka lima tahun lamanya. Untuk itu menjadi pemilih yang cerdas diperlukan saat ini, karena dengan memilih wakil – wakil yang berkompeten dan penuh tanggung jawab membawa kemakmuran dan kepedulian terhadap kehidupan sosial masyarakatnya. Siswa SMA merupakan insan – insan muda atau intelektual muda tulang punggung Negara yang kedepan bisa menjadi pemimpin tinggal menunggu waktu,  maka dari itu tuntutlah ilmu setinggi – tingginya. Yang bercita – cita menjadi pemimpin adalah hal yang mulia, jangan sampai nanti kita hanya sebagai orang yang bisa hanya meminta namun menjadi penentu kebijakan. Janganlah jadi pengemis di daerah sendiri namun jadilah tuan rumah yang berkuasa di daerah kita dan bahkan didaerah orang lain, jelas anggota KPU yang memberikan sosialisasi di SMK N 1 Nusa Penida, Kamis 6 Oktober 2011 siang.
                        Sosialisasi yang dihadiri oleh Ketua KPU Anak Agung Gede Parwatha, Anggota Tjokorda Raka Partawijaya, Dewa Gde Oka Subawa, I Made Kariada, Sekretaris Dewa Ketut Sueta Negara beserta Staf banyak membahas tetang pentingnya pemilu dan meningkatkan partisipasi masyarakat agar tidak golput serta mengurangi kecurangan seperti money politik, dan hal negatif lainnya agar pemilu di Indonesia umumnya dan Klungkung khususnya bisa berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat dan asas pemilu yaitu Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur dan Adil (Luberjurdil) bisa terlaksana dengan baik.(wpmediacenterkpuklk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar